Tempat Berbagi Informasi Kesehatan dan Keperawatan

Pemeriksaan Golongan Darah

Pemeriksaan Golongan Darah
Pengukuran kadar hemoglobin dan pengukuran waktu koagulasi juga saya lakukan dalam praktikum ini. Hal itu dimaksudkan agar saya tahu kadar hemoglobin pada diri saya sehingga saya dapat membandingkan hasil Hb saya dengan kadar Hb yang normal serta saya dapat mengetahui kadar Hb rata-rata kelas
Yang melatarbelakangi saya untuk praktikum tentang waktu koagulasi darah adalah untuk mengetahui waktu koagulasi darah saya sendiri dan rata-rata kelas karena setiap orang waktu koagulasinya berbeda-beda. (Samsuri, Istamar dkk. 2004).



1.2           Tujuan
1.    Untuk mengetahui cara pengujian golongan darah dan variasi golongan darah masing-masing.
2.    Untuk mengetahui cara mengukur waktu koagulasi darah dan variasi waktukoagulasi/ pembekuan darah pada masing-masing siswa.

1.3           Alat dan bahan
1.    Gelas Obyek  
2.    Lanset (Alat Penusuk)
3.    Kapas
4.    Satu Set Antiserum
5.    Alkohol 70%

1.4           Cara Kerja
1.      Teteskan masing-masing antigen pada masing-masing kolom kartu golongan darah
2.      Bersihkan jari manis dengan kapas berakohol,Kemudian tusuk dengan menggunakan lanset
·         Darah pertama dibuang
·         Darah ke-2 di tetes pada masing-masing kolom
3.      Diaduk searah jarum jam
Ø  Terjadinya aglutinasi pada kolom A dan AB, maka golongan darah adalah A.
Ø  Terjadinya aglutinasi pada kolom B dan AB, maka golongan darah adalah B.
Ø  Terjadinya aglutinasi pada kolom A,B dan AB, maka golongan darah adalah AB.
Ø  Tidak terjadinya aglutinasi pada kolom A,B dan AB, maka golongan darah adalah O


DAFTAR PUSTAKA
Pelczar, Michael J.dkk, Dasar-Dasar Mikrobiologi.1988, Universitas Indonesia:Jakarta.
Sadikin, Muhammad, Biokimia darah.2002 : Widya Medika : Jakarta.

No comments:

Post a Comment